Perbedaan Samsung Galaxy S4 Asli dan Replika

Perbedaan Samsung Galaxy S4 Asli dan Replika – Samsung sampai saat ini masih menduduki peringkat pertama penjualan smartphone Android. Tingkat penjualan Samsung Galaxy S series telah menembus angka seratus juta unit. Salah satu dari S series tersebut adalah S4. Samsung Galaxy S4 hingga kini telah mencapai angka penjualan lebih dari 20 juta unit. Kepopuleran Samsung Galaxy ini dimanfaat beberapa pihak untuk mengambil keuntungan, diantaranya adalah dengan cara membuat tiruan dari Samsung Galaxy S4 yang asli. Kebanyakan dari Samsung tiruan dibuat di China. Akan tetapi tidak seperti barang bajakan lainnya, tiruan atau replika Samsung Galaxy S4 ini dibuat sangat mirip dengan aslinya, bahkan fitur-fiturnya pun ikut dibuat sedemikian rupa hingga bagi beberapa orang akan terkecoh. Ada sebutan untuk barang tiruan ini antara lain replika, kloning, dan super copy. Berawal dari seoroang teman yang bertanya tentang bagaimana cara membedakan S4 asli dengan yang tiruan, berikut kami ulas mengenai perbedaan Samsung Galaxy S4 asli dengan replika.

Perbedaan Samsung Galaxy S4 Asli dan Replika

1. Perbedaan secara fisik
Secara desain replika Samsung Galaxy S4 sangat mirip dengan aslinya. Namun dengan memperhatikan beberapa detail sobat akan dapat mengenali apakah S4 tersebut asli atau tidak. Ukuran S4 replika akan terlihat sama persis dengan S4 yang asli. Akan tetapi kita tahu bahwa S4 memiliki layar berukuran 5 inch dan Disetiap sisi layar kita akan melihat garis bingkai yang tipis.Pada S4 replika garis bingkai di tepi layar ini akan terlihat berukuran lebih besar dari yang seharusnya. Hal ini menunjukan bahwa layar S4 replika berukuran lebih kecil yang seharusnya.
Perbedaan Samsung Galaxy S4 asli dan replika
Sumber: http://www.pusatgratis.com
Detail kedua yang perlu diperhatikan adalah jarak antara tombol home dengan sisi bawah layar. S4 replika memiliki jarak yang lebih jauh jika dibandingkan dengan jarak tombole home ke layar pada Samsung Galaxy S4 yang asli. Pada beberapa kasus ada yang tampak jelas dan pada beberapa kasus lainnya selisih jarak tersebut bisa sangat tipis, mungkin hanya dalam hitungan beberapa milimeter. Sebaiknya sobat teliti memeriksa detail ini.
Detail yang ketiga adalah pada tulisan “SAMSUNG” di cover belakang. Pada Samsung Galaxy S4 yang asli, jika kita coba meraba tulisan ini maka tidak akan terasa perbedaan dengan bagian cover yang tidak terdapat tulisan. Namun pada S4 yang replika/ tiruan, jika kita raba akan terasa perbedaannya menjadi agak kasar/ timbul pada tulisan “SAMSUNG”.
Perbedaan Samsung Galaxy S4 asli dan replika secara fisik akan sulit bagi orang-orang yang awam dan belum pernah memegang S4 sebelumnya. Namun jika Samsung Galaxy S4 asli dan replika disandingkan maka kita akan dengan mudah mengetahui mana yang asli dan mana yang palsu. Selain tiga hal di atas sobat akan menemukan perbedaan detail lainnya seperti pada warna flash, kamera, atau bisa juga pada material bod yang digunakan.
Perbedaan Kamera Samsung Galaxy S4 asli dan replika
Perbedaan pada kamera depan (Depan: Asli, Belakang: Palsu)
2. Perbedaan dari perangkat lunak (software)
Perangkat lunak atau software merupakan bagian yang sangat sulit untuk direplikasi. Samsung Galaxy S4 asli menggunakan OS Android Jelly Bean versi 4.2.2 sebagai OS bawaan dan User Interface (UI) khas Samsung Galaxy, TouchWiz. Dua hal ini adalah yang perlu sobat cek pertama kali. Tapi hati-hati! karena kadang keterangan mengenai OS dan bentuk UI masih dapat dipalsukan. Pertama-tama lihat terlebih dahulu UI yang dipakai apakah benar-benar TouchWiz atau bukan kemudian cek OS yang dipakai pada menu Setting > About Phone.
Kemudian coba cek beberapa fitur/ fungsi yang terdapat pada S4 tersebut. Biasanya pada S4 palsu akan ada beberapa fitur/ fungsi yang tidak berjalan dengan sebagai mana mestinya. Coba sobat dial *#0*# maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut yang menunjukan beberapa fungsi/ fitur:
Kemudian, salah satu perbedaan yang sangat mencolok adalah dengan menggunakan Samsung KIES. KIES merupakan program untuk mengsinkronisasi antara perangkat mobile Samsung dengan PC. Samsung Galaxy S4 yang asli tentu saja akan terbaca dan terdeteksi oleh program Samsung Kies di PC ketika dihubungkan. Namun pada S4 yang palsu/ replika tidak akan terbaca oleh program Samsung Kies di PC.
Perbedaan Samsung Galaxy S4 asli dan replika
Sumber: http://www.kaskus.co.id

Perbedaan Samsung Galaxy S4 Asli dan Replika Lain yang Perlu Diperhatikan

 1. Box/ Packaging
Baik Samsung Galaxy S4 Asli dan replika super copy menggunakan box yang sama. Bagian yang perlu dicermati adalah pada plastik pembungkus box. Produk Samsung asli akan menggunakan plastik pembungkus berlogo Samsung. Namun pada S4 yang palsu pastik pembungkusnya tidak berlogo Samsung.
2. Cek Detail Hardware
Untuk dapat mengetahui detail hardware, pertama kali sobat perlu mengistal aplikasi seperti Antutu Bechmark atau CPU-Z. Aplikasi tersebut akan menunjukan keterangan detail mengenai ‘jeroan’ S4 sobat. Kemudian bandingkan dengan detail hardware S4 yang asli. S4 palsu/ replika akan menunjukan nilai yang berbeda dari yang seharusnya. Biasanya kualitas hardware akan sangat jauh berada di bawah S4 yang asli.

3. Penggunaan BBM

walapun samsung galaxy S4 ada yang asli, namun yang replika juga bisa menggunakan BBM. Asalkan samsung replika anda VErsi Androidnya 4.2.2. Biasanya Replika Versinya 4.2.2 yang saya pakai sekarang.

Tentang pandi suryadi

mudah, senang bergaul,, lelucon
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s