CONTOH ANALISIS KONTEKS

ANALISIS KONTEKS

ANALISIS KONTEKS

Kondisi SD Negeri 013 Pintu GObang Kari Kecamatan Kuantan Tengah dapat dilihat pada table dibawah ini :

  • IDENTIFIKASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)

No

Aspek

Indicator

Kondisi Satuan Pendidikan

Upaya Pencapaian

I

Standar Isi KTSP Pengembangankurikulum padatingkat satuan

pendidikan

menggunakan

panduan yang disusun

BNSP

  • Sekolah menyusun kurikulum menggunakan panduan penyusunan kurikulum dari BSNP namun belum sepenuhnya mengacu pada 7 prinsip pengembangan kurikulum
  • Kurikulum sekolah disusun I direvisi setiap setahun
Sekolah harusmengembangkan kurikulum

berdasarkan 7

prinsip

pengembangan

kurikulum

terutama pada

penyusunan

silabus

Dokumen KTSP Kurikulum dibuatdenganmempertimbangkan

karakteristik daerah,

kebutuhan sosial

budaya, usia peserta

didik, dan kebutuhan

pembelajaran.

  • Kurikulum sekolah memuat muatan local yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu kewirausahaan dan pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik
  • Sekolah kami memiliki SK dan KD Pengembangan Diri(Mulok) Guru di sekolah kami telah menyusun silabus dan RPP Pengembangan Diri (Mulok) Silabus Pengembangan Diri (Mulok) jarang dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan

pembelajaran.

Sekolah harusmengkajisilabus dan RPP

setiap tahun

agar sesuai

dengan

perubahan

kebutuhan

pembelajaran

Dokumenprota,Prosem,

Remedial

dan

penSaya

an

  • Kurikulum telahmenunjukkan adanya alokasi waktu rencana program remedial dan pengayaan bagisiswa
  • Kurikulum sekolah memuat 12 mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri
  • Jumlah iam pmbelajaran perminggu adalah 24 jam Pembelajaran
  • Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 35 menit
  • Semua guru melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik namun belum disusun secara sistematis
  • Jumlah minggu efektif dalam setahun 37 minggu
Sekolah harus mengembangkan program remedial dan pengayaan yang lebih sistematis untuk setiap peserta
ProgramlayananBK,Penel usuran

bakat

dan

minat,Bu

ku

layanan,

dan

laporan

Layanan

BK

  • Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan

peserta didik

  • Sekolah menyediakan layanan bimbingan konseling untuk memenuhi pengembangan diri Yang disesuaikan dengan peserta didik
  • Kegiatan bimbingan konseling dilengkaPi dengan rencana program,evaluasidan

tindak laniutnya

Sekolah perlumengimbaskanprogram layanan

melaluiKKG BK

Hasilanalisispenelusu

ran bakat

dan

minat

siswa,Pro

gram dan

jadwal

ekstrakur

ikuler

  • Sekolah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik
  • Sekolah menyediakan kegiatan ektrskurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan peserta didik yaitu ektrakurikuler (pembinaan ROHIS Olahraga, Pramuka dan tindak lanjutnya
  • Belum melibatkan masyrakat dalam pengembangan ekstrakurikuler dalam penyediaan SDM dan dana
Sekolah harusmelibatkanmasyarakt

dalam

pengembangan

ekstrakurikuler

dalam

penyediaan

SDM dan dana

II

StandarProsesSilabus 2.1 Silabus dikembangkan berdasarkan lsi (S1l standar lulusan (SKL)dan panduan KISP.
  1. Silabus dikembangkan berdasarkan lsi (SU standar lulusan (SKLI dan

panduan KTSP.

Sekolah kamiakanmelaksanakan

kajian silabus

setiuap tahun

di sesuaikan dengan

perubahan

kebutuhan

pembelajaran

Silabus 2.2 Pengembangan silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok
  1.  Pengembangan silabus dilakukan guru secara mandiri bersama-sama disekolah
  2. Namun silabus jarang dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan

pembelajaran

Sekolah kamiakanmelaksanakan

kajian silabus

setiap tahun

untuk

disesuaikan

dengan

perubahan

kebutuhan

pembelajaran

RPP 2.3  RPP disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencenaan pembelajaran
  1. RPP disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran (sesuai dengan sistematika)
  2. Namun RPP jarang dikaji

direvisi setiap tahun

 

Sekolah kamiakan mengkaiiRPP secara

teratur setiap

tahun

2.4  RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat bakat,motivasi belajar,potensi, kemampuan sosial, emosional,gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan  belajar, latar belakang budaya, norma, nilai nilai, dan lingkunganpeserta didik.
  1. Uma orang guru sekolah dalam menyusun rencana pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada siswa. Hanya 3 orang guru yang mengabungkan pendekatan tematis dan rnempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya. 3 orang menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah. Semua guru memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik dan selalu diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesarna

siswa

Sekolah kamiakan2melaksanakan

penyusunan

2RPP dengan

memperhati

kan segala

perbedaan

kebutuhan siswa

Sumberbelajar(Buku

teks dan

buku

penun

jang

2.5  Siswa dapat mengakses buku pansuan, buku pengayaan, buku refensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran denganmudah
  1.  Sumber belajar yang tersedia antara lain buku teks, buku pengayaan, buku refensi, perpustakaan, lingkuangan dan lainnya.
  2. Buku tek cukup untuk satu siswa satu buku
  3. Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu panduan guru, buku referensi, buku sumber belajar lainnya
  4. hanya sebagian kecil guru sekolah memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belaiar
  5. Sebagian besar siswa   memanfaatkan perpurtakaan sebagai sumber belajar
Sekolah kamiAkan memanfaatkanLingkungan sebagai

Lingkungan belajar bagi peserta Sekolah kami akan

Menyediakan akes buku sekolah (BSE)

Sumber belajar (Panduanguru,buku

pengayaan,

referensi

dan

sumber

belaiar

lain

2.6  Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi pesertadidik
  1.  Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber

balajar lainnya

Sekolah kamiakanmenggunakan

sumber belajar

lain selain buku

pelajaran

untuk sernua

mata pelajaran

lnstrumensupervisi

akademik

(AK03)

pelaksan

aan

pembelaj

aran.

  • Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan pembelajaran yang kreatif , inspiratif, menyenangkan dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup
  • Baru 5 orang guru sekolah yang melakanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disiapkan. Dalam proses pembelajaran baru 5 orang guru yang menggunakan metode yang interaktif, inpiratif, menyenangkan rnenantan& dan memotivasi peserta didik serta menerapkan siklus pembelajaran yang  aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
Sekolah kamiAkan mengadakanWorkshop PAKEM untuk mata pelajaran

yang belum

mengikuti

PAKEM

lnstrumensuvervisi akademik

{ AK03 }

  • Para peserta didik memperoleh kesempatan yang Sama untuk melakukan ekporasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi
  •  Belum semua guru (baru 5 orang guru sekolahl yang melakanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disiapkannya. Dalam proses Pembelajaran baru 5 orang guru yang menggunakan metode yang interakif, inpiratif, menyenangkan menantan&dan memotovasi peserta didik serta siklus pembelajaran aktif,kreatif, meyenangkan yang dan
Sekolah kamiAkan mengadakan workshop peng8unaanMetode pembelajaran

yang bervariasi

Programsuvervisidan

lnstrume

n

supervise

  • Suvervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap melipfii perencanaan pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran
  • Kepala sekolah membuat program suvervisi pengelolaan secara rutin dan berkala
  • Kepala sekolah melaksanakan suvervisi pengelolaan dan menindak laniuti sesuai program yang telah dibuat
  • Kepala sekolah membuat program suvervisi pembelajaran secara rutin dan berkala. Kepala sekolah melaksanakan suvervisi pembelajaran dan menindaklanjut sesuai program yang telah dibuat
Kepala Sekolahakanmelibatkan

guru senior

dalam

melaksanakan

suvervisi

akademik

Programsuvervisidan lnstrume

n

Supervisi

  • Suvervisi dan evaluasi proses pembelaJaran dilakukan dan berkelanjutan oleh kepala sekolah dan pengawas
  • Kepala sekolah membuat program suvervisi pengelolaan secara rutin dan berkala
  • Kepala sekolah melaksanakan supervise pengelolaan dan menindaklanjuti sesuai program yang telah dibuat
  • Kepala sekolah membuat program superuisi pembelajaran secara rutin dan berkala.
Kepala sekolahakanmelibatkan guru senior ,

rekan sejawat,

dan peserta

didik dalam

melakanakan

supervisi

akademik

III

StandarKompetensi

Kelulusan

Nilai

rata-rata

UN dan

rekapitu

lasi nilai

rapor

  • Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapaitarget yang ditetapkan SKL
  • Sekolah kami memiliki rata-rata ujian nasional (UN) 6,00 (Memenuhi ketuntasan belaJar nasional pada seluruh mata pelajaran)
  • Sekolah kami memiliki rata-rata nilai rapor masih dibawah standar nasional untuk semua mata pelajaran tetapi belum memilki data pencapaian daya serap untuk setiap mata pelajaran
  • Pencapaian prestasi akademik siswa disekolah kami mengalami kamajuan dari tahun ke tahun ditandai dengan diterimanya di SLTP
negeri.
  • Sekolah berusaha meningkatkan nilairata-rataUN
  • Sekolah meningkatkan nilai rata-rata rapor untuk semua mata pelajaran
  • Sekolah membuat grafik daya serap untuk tiap mata

pelajaran

Produktugassiswa, pubrik

penilalan

dan jadwal

penggunaan labor

  • Peserta dldik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelaiar yang

Mandiri

  • Sekolah kami memberikan variasi tugas kepada peserta didik berupa tugas belajar mandiri maupun kelompok
  • Sekolah kami memberikan variasi sumber belajar
  • Sekolah kami menyediakan kegiatan kelompok berupa KIR
  • Sekolah membuat kelompok belajar di rumah

IV

StandarPengelolaanDokumen visi dan Misi 4.1 Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan
  1. Sekolah kami memiliki visi dan misi dan sudah disosialisasikan
Komitmen dalam melaksanakan visidan misi
Bukti kerjaSama sekolah danpembukuan

keuangan

4.2  Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian,partisifasi, keterbukaan,dan akuntabilitas
  1.  Sekolah menjalin kemitraan dengan komite sekolah dalam kegiatan non akademik dan semua warga terlihat dalam semua kegiatan sekolah
  2. Sekolah sedang mencoba mengembangkan koperasisekolah Sekolah mengembangkan kerjasama dengan pemangku kepentingan khususnya orang tua mampu membantu sekolah
  3. RAPBS dirumuskan dengan Melibatkan seluruh komponen sekolah dan membuat pertanggung jawabkan
  4. pengguna keuangan
Sekolah diharapkan lebih meningkatkanPengawasan terhadap pelaksanaan programKemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas
Adarencanakerja

tahunan

4.3  Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelaniutan
  1.  sekolah memiliki rencana keria tahunan yang dievaluasi dengan membentuk budaya sekolah bermutu sesuai dengan berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah
Peningkatan pengawasanpelaksanaanrencana kerja

tahunan

Ada rencanaKerja tahunanRPS dan RKAS 4.4  Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak berkepentingan
  1. Sekolah melakukan EDS secara berkala
  2. Sekolah menyusun laporan EDS dan membuat RTL
  3. Sekolah menyusun indikator keberhasilan sekolah dan menerapkan prioritas kegiatan prbaikan kinerja sekolah Mensosialisasikan indikator keberhasilan dan prioritas perbaikan kinerja
RPS dan RKASSudah dilakukanSosialis dengan

baik oleh karena itu diperhatikan dalam implement tasinya

RencanaKerjaSekolah (RKS) 4.5  Rencana kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilakanakan berdasarkan rencana jangka menengah (restra)
  1.  Sekolah menyusun RlS berdasarkan RKAS
  2. Sekolah menyusun rencana kerja tahunan yang didasarkan pada rencana Jangka menengah

 

Lebih meningkatkan pelayanan ketersediaan dokumen yangMudah diaksesSecara luas oleh

Pemangku sekolah

Struktur organisasisekolahA D/ART,laporan EDS dan Rencana

Tindak lanjut

4.6  Sekolah melakukan evaluasi terhadap kinerja sekolah secrra berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar
  • Sekolah mengevaluasi program kerja secara berkala dan membuat program tindak laniut hasil evaluasi
  • Sekolah menysusun indicator keberhasilan sekolah
  • Sekolah menetapkan prioritas kegiatan perbaikan

kinerja sekolah

Pengembangan RTLdari hasil evaluasidirisekolah
Catatan kegiatan danRencana kerja 4.7  Sekolah menetapkan prioritas indicatoruntuk mengukur,menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan evaluasi diri dengan menfokuskan pada peningkatan hasilbelajar
  • Guru menyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan dan menginformasikan rublik penilaian dan KKM kepada siswa
  • Memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan yang dihadapi peserta didik
  • Mereviu tingkat kemajuan semua peserta didik
  • Guru menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan meyusun rencana tandak lanjutnya
  • Seluruh Buru mereviu kemaiuan belaJar semua peserta didik pada setiap akhir semester
  • Seluruh guru menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan merencanakan RTL
Laporandatapengelola

an

sekolah,

program

sekolah

  • Sekolah mengelola system informasi pengelolaan dengan cara yang efektif ,efisien dan bertanggung jawab
  • Sekolah memiliki program pengelolaan informasi berupa perencanaan, pelaksanaan,valuasi dan tindak laniut
  • Peningkatan program setiap bidang kearah yang lebih baik
Komputer danLaptop
  • Sekolah menyediakan system informasi yang efisien efektif dan dapat diakses
  • Adanya tenaga pengelola sistem informasi
  • Peningkatan pengembangan profesi PTK dengan melakukan promosi kepada PTK
PemberianDukungan dankesempatan

pengembangan

profesi bagi para pendidik

dan tenaga kependidikan

Program pemberdayaan

PTK

  • Sekolah meningkatkan keefektipan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan
  • Sekolah memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya
  • Peningkatan pengembangan profesi PTK dengan melakukan promosi kepada PTK
ProgramSupervisi
  • Supervisi dan ernluasi Pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional
  • Kepala Sekolah membuat program supervise pengelolaan secara rutin dan berkala
PengembanganSupervise pengelolaan danmenindak lanjutinya
Hasilpenilaian, programekskul
  • Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kesatuan akademis dan non akademis
  • Para Buru melaporkan penilaian yang disertai perbaikan kepada orang tua siswa
  • Sekolah menjalin kemitraan dengan komite sekolah
  • Setiap warga sekolah terlibat dalam semua kegiatan sekolah
  • Orang tua yang mampumembantu sekolah
MeningkatkanKeterlibatan seluruh wargasekolah dan orarg tua dalam kegiatan

akademis dan non akademis

Masyarakatmengambil bagian dalamkehidupan

sekolah

MoU

  • Sekolah melibatkan anggota Masyarakat khususnya pengelolaan kegiatannon akademis
  • Sekolah menjalin kemitraan dengan komite sekolah dalam kegiatan non akademis Sekolah mencoba mengembangkan koperasisekolah
Peningkatan kemitraan danmemberikankesempatan

untuk berkreasi

V

Standar Penilaian Silabus dan RRP, kisi-kisisoal, naskah soal dan pedomanpenilaian 5.1 Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik
  • Semua guru telah menyusun perencanaan penilaian pencapaian KD yang termuat pada silabus dan RPP Semua guru telah menyusun kisi-kisi soal ulangan semester Semua guru telah menyusun  naskah soal dan pedoman penskorannya
Sekolah mengadakanpelatihan berkala dalam perencanaanpenilaian agar diperoleh perangkat

penilaian yang memadai

Dokumen, KKM,Silabus, Jadwalpelakanaan

ulangan dan

pedoman penilaian

5.2  Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai criteria penilaian termasuk criteria ketuntasan minimal
  • Guru telah menyusun KKM dan telah menginformasikan kepada peserta didik
  • Pada silabus dan RPP buatan guru telah disusun criteria penilaian melalui kegiatan ulangan harian,ulangan tengah semester namun yang membuat baru 75% dri guru yang ada
  • Telah tersusun jadwal ulangan harian ulangan tengah semester dan jadwal akhir semester
  • Semua guru telah menyusun pedoman untuk setiap mata pelajaran
Pemberioan informasitentang kriteriapenilaian dan

KKM diberikan

pada awal setiap

semester

Prota, promes,RPP, Jadwal ujian, naskah soal, daftar nilai danCatatan kemajuan siswa 5.3  Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan Rencana yang telah dibuat
  •  Semua guru telah memilki prota, promes, RPP
  • Tersedia rencana jadwal ulangan harian, semester dan jadwal ujian nasional
  • Naskah ulangan harian terletak pada silabus dan RPP
  • Naskah ulangan harian UTS, UAS, kenaikan kelas,ujian sekolah telah dimiliki guru
  • Daftar nilai terisi data kemajuan belajar siswa
Beberapa orang guru melaksanakan penilaian sesuaidengan rencanayang telah dibuat

dan mengadakan

diklat penilaian

guru khususnya

tentang teknik

penilaian di

kelas.

  • Guru telah memiliki cacatan kemajuan hasilbelajar
  • Semua guru telah  melakukan ulangan secara berkelanjutan
  • untuk memantau dan perbaikan pembelajaran sesuai rencana pada program tahunan dan semester
  • Hanya 5 dari 11 orang guru yang melaksanakan penialain berdasarkan rencana pelaksanaan penilaian yang telah dibuat
Silabus dan RPP, LKS, programremedial,pengayaan,

Perangkat dan daftar

Penilaian

  • Guru menerapkan berbagal teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar

peserta didik

  • Pada umumnya teknik, bentuk, dan jenis penialaian yang tercantum pada silabus RPP hanya berupa tes tertulis pilihan ganda, isian singkat dan uraian, hal ini dikarenakan keterbatasan pemahaman tentang penilaian
  • Belum semua guru menggunakan berbagai teknik dan Jenis penialaian berupa tes, penugasan, unjuk kerja, diskusidan kelompok
  • Sebagian besar guru memberikan penugasan baik perseorangan maupun kelompok kepada peserta didik menggunakan LKS
  • Sebagian besar guru telah melaksanakan program remedial dan pengayaan
  • Semua guru belum pernah menerapkan penilaian kinerja, proyek
Perlunya pelatihanmengenaltekni,bentuk dan

berbagai jenis

penilaian melalui

workhop/Diklat

Lembar jawaban siswaYang telahDiberi Masukan

dan komentar

guru,laporan, daftar nama siswa yang remedial, cacatan hasil

remedial, rekap hasil pemeriksaan

  • Guru memberikan masukan Dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik
  • Beberapa orang guru telah memberikan masukan dan komentar  ada lembar jawaban siswa
  • Semua guru telah memberikan laporan tentang kemaJuan hasil belajar pada peserta didik
  • Tidak semua guru memiliki daftar buku laporan kemajuan hasil belajar siswa
  • Tidak semua guru memiliki daftar siswa yang remedial
  • Semua guru telah melaksanakan remedial
  • Guru tidak memberikan hasil remedial siswa
  • Guru tidak memberikan rekap ulangan tes
  • 5 orang guru telah menyusun dan melaksanakan analisis hasil belajar dan melaksanakan rencana tindak lanjut
Diperlukan adanyabimbingan tentangperencilnaan

pelakanaan dan

pengadministrasian

penilaian

Analisis hasilpenilaian, program tindaklanjut, laporan

program pengayaan, rekap hasil pelaksanaan perbaikan dan pengayaan

  • Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
  • Tidak semua guru melakukan analisis hasil belajar
  • Sebanyak 50% guru melakukan review kemajuan hasil belajar peserta didik setiap akhir semester
  • Hasil dari review dari hasil belajar digunakan sebagai bahan informasi untuk perencanaan  program pembelajaran selani untuk
  • Remedial dilaksanakan sesuai dengan analisis hasil penilaian sebagai upaya perbaikan hasil belajar.
  • Beberapa guru melakukan program pengayaan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar
  • Rencana program tindak lanjut yang sesuai disusun oleh sebagaian guru sudah sesuai dengan analisis hasil belajar Sebagian guru memiliki cacatan rekap hasil perbaikan dan pengayaan
  • Semua guru perlu mereview tingkat kemajuan hasil belajar setiap akhir semester dan menggunakan sebagai  informasi untuk perencanaan program pembelajaran
  • Semua guru menyusun dan melaksanakan hasil belajar serta menyusun rencana program tindak lanjut
LaporanHasil belajar rapor, daftarhadir orang tua
  • Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata Pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua peserta didik
  • sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester
  • Undangan ke wali murid untuk mengambilrapor
  • Semua wali kelas menyiapkan daftar hadir / daftar penerima raport untuk orang tua murid
  • melalui wali kelas guru melaporkan hasil bimbingan dan konseling dan hasil perolehan kredit point siswa
Perlu adanya buktitertulis tentang :

  • Undangan ke wali murid untuk mengambil rapor
  • Daftar hadir orang tua yang mengambil rapor setiap kelas
  • Agenda dan notulen rapat pertemuan guru bersama wali murid tentang kemajuan siswa di setaap akhir semester
Notulen rapat, penyusunan RKS, criteria kenaikan kelas,Program remedialDan pengayaan,

Fasilitas belajar,

Catatan peran

Serta orang tua

Dalam meningkatkan

Hasil belajar siswa

  • Sekolah melibatkan orangtua peserta didik Dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
  • Dalam menyusun kurikulum sekolah sudah melibatkan kepals sekolah
  • Pelaksanaan program remedial dan pengayaan belum  melibatkan orang tua
  • Menyampaikan kepada orang tua siswa tentang criteria penetuan kelulusan
  • Dalam penyediaan ltasilitas belajar keterlibatan orang tua masih belum optimal
  • Bantuan orang tua terkait dengan upaya peningkatan pencapaian hasil belajar tidak tercatat
Rekomendasi :

  • Perlu kejelasan rincian peran dari orang tua dalam pelaksanan penilaian
  • Pelaksanaan program remedial dan pengayaan rnelibatkan orang tua terutama dalam melihat perkemba ngan dan kemajuan siswa
  • Dalam penyedlaan fasilitas belajar keterlibatan orang tua perlu dioptimal kan
About these ads

Tentang pandi suryadi

mudah, senang bergaul,, lelucon

Posted on Februari 16, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

IHIN UTAN

Kaji Tau Samawa........ANDA DAPAT MENDOWNLOAD GRATIS BSE, SILABUS DAN RPP KURIKULUM 2013 DI BLOG INI

dhesieputri

HealThY Blog

Pikir Itu Pelita Hati Yang Selalu Menerangi

Terus Menjalankan Perintah-Nya

abuburhan1397

Ilmu Itu Tidak Ada Yang tak Bermanfaat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.323 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: